Minggu, 07 Juni 2015

Visibility of System Status - griyasis.com

Visibility of System Status adalah sistem harus selalu menginformasikan pada pengguna apa yang sedang terjadi, melalui pesan yang baik dan waktu yang sesuai. Berikut ini merupakan beberapa pembahasan Visibility of System Status dari website griyasis.com.

Kasus pertama adalah tidak terdapat perbedaan pada tab – tab yang dibuka, semua memiliki judul yang sama. User mengalami kesulitan untuk mengetahui tab apa saja yang telah dibuka. User harus membuka satu per satu tab halaman untuk mengetahui halaman yang dicarinya.

Untuk masalah ini saya sarankan untuk membuat judul tab yang berbeda untuk masing masing menu. Misalkan untuk Home judul tab menjadi GRIYASIS Computer – Home, untuk bagian How To Buy menjadi GRIYASIS Computer – How To Buy.

Untuk kasus ini skala rating untuk severity of usage problem yang saya berikan adalah 2. Nilai ini karena masalah yang terjadi masih tergolong kedalam masalah usability minor dengan prioritas perbaikan rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kasus kedua yaitu pada website ini user juga kesulitan untuk mengetahui posisi keberadaan mereka. Hal ini karena tidak ada perbedaan tampilan dari setiap halaman yang dibuka seperti yang terlihat pada gambar diatas. User harus melakukan scroll ke bawah untuk memastikan halaman dimana user berada saat itu. Hal ini lumayan mengganggu kenyamanan user terutama user yang mekakses web dari device dengan layar yang kecil.
Untuk masalah ini saya sarankan untuk membuat perbedaan tampilan ataupun membedakan warna label menu yang halamannya sedang diaktifkan. 
Untuk kasus ini skala rating untuk severity of usage problem yang saya berikan adalah 2. Nilai ini karena masalah yang terjadi masih tergolong kedalam masalah usability minor dengan prioritas perbaikan rendah. Karena user masih dapat mengetahui dimana keberadaan mereka meski harus memakan waktu sedikit lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar